Your search results

Mau Mandiri tapi Takut Tinggal Sendiri? Coba fitur Find a Roommate dari Serumah.com

Posted by teamserumah on 2017-04-25
| 0

Jadi inget waktu pengumuman kelulusan sekolah dan diterima kerja di Nusa Dua, dimana tempatnya lumayan jauh dari tempat tinggal. Kalau dihitung-hitung bisa sampai 1 jam habis di dalam perjalanan, dan itupun belum masuk hitungan macet dan kendala lainnya. Melihat hal ini, tentu waktu, dana dan tenaga menjadi pemikiran.

Saat itu, aku pernah berfikir untuk tinggal sendiri dan mencari tempat tinggal baru yang dekat dengan tempat  kerja. Tapi walaupun bisa, untuk kategori yang masih pekerja baru dan juga masih muda, tinggal sendiri di tempat asing
itu benar-benar menakutkan. Banyak sekali hal yang harus dipikirkan matang-matang. Sewa tempat tinggal itu lumayan (apalagi kalau uang sewa itu murni kita bayar sendiri), selain itu kita pastinya ingin tinggal di tempat
yang nyaman dan layak, tidak sekedar tempat untuk tidur dan makan. Tinggal di tempat asing sendiri itu juga menjadi pemikiran, apalagi untuk seseorang yang tidak pernah melakukan sleep over atau intinya nginep di rumah orang lain.
Jadi, kalau dari namanya kalian belum paham. Platform ini adalah tempat atau wadah dimana kita bisa mengiklankan tempat tinggal untuk disewa atau mengiklankan diri sebagai penyewa. Yup, jadi untuk kalian yang tidak bisa tinggal sendiri dan tertarik untuk sharing tempat dengan orang lain, kalian bisa memasang profile kalian dan mencari roommate untuk tinggal bersama. Menurut aku, ide pengembangan Platform ini cukup menarik, dan
termasuk salah satu ide yang aku harap bisa menjadi peluang baru bagi para mahasiswa atau orang lain yang biasanya memilliki masalah dalam mencari tempat tinggal.
Di website ini ada tiga menu yang bisa kalian pilih.

1. Cari Roomate

Menu ini ditujukan untuk kamu-kamu semua yang ingin mencari teman sekamar. Di menu ini, kalian akan disuguhkan profile orang-orang yang juga sedang mencari teman sekamar. Jadi kalau kalian sudah pasti ingin mencari roommate, kalian bisa mengecek profile mereka masing-masing dan mencari orang yang tepat.
Untuk mempermudah pencaharian, kalian bisa mengisi “opsi pencaharian”. Jadi kalau kalian ingin mencari teman sekamar di daerah tertentu, kalian bisa mengisi form bagian “daerah tempat tinggal”.
       Opini:
·       Menurut aku menu ini cukup bagus. Setelah aku coba, banyak profile yang tersedia dan juga ada opsi/filter pencaharian. Hanya saja karena memang web ini masih baru, setelah aku mencoba untuk mencari seseorang di daerah tertentu, hasilnya sangat terbatas (semoga cepat berkembang).  tetapi menurut aku, selain opsi “daerah/tempat”, opsi lain seperti umur, pekerjaan, gender, jangka waktu sewa dan opsi lain juga perlu ditambahkan. Karena, jika web ini sudah maju dan banyak peminat, memiliki opsi yang terbatas akan membuat pengguna lelah mengecek profile orang-orang satu per satu hanya untuk menemukan kecocokan kriteria.
·       Yang kedua, aku lihat orang-orang memasang foto profile dengan foto yang aku kategorikan “alay”. Bukan maksud menyindir, tapi aku rasa jika seseorang memang serius di web ini untuk mencari roommate, setidaknya foto harus dalam kualitas terbaik dan sedikit semi formal. Karena melihat beberapa foto profile di menu ini, minat aku untuk mencari roommate sedikit turun karena mereka terlihat seperti orang yang tidak serius, dan bahkan seperti criminal. (Sekali lagi, ini bukan maksud kasar atau mengejek atau menakut-nakuti, hanya opini)

2.  Cari Kamar Sewa

Di menu ini, kita disuguhkan pilihan layaknya mencari kamar sewa seperti yang disediakan web pencari kamar sewa lainnya. Hanya saja, penampilannya mungkin berbeda.
Di sini, kalian bisa menentukan:
           – Daerah/area tempat yang kalian cari
           – Range harga sewa per bulannya
Untuk opsi lengkap ada:
–        Tanggal ketersediaan tempat
–         Opsi berbagi kamar atau pribadi
–         Waktu tinggal minimum
–         Informasi fasilitas tempat yang dibutuhkan
–         Gender penyewa (beserta umur)
–         Sikap
–         Pekerjaan
–         Dan filter tempat sewa yang tersedia dari harga termurah atau termahal
   Opini:
Untuk menu ini saya tidak memiliki banyak saran karena menurut saya menu ini sudah sangat baik dan hanya perlu diupdate jumlah atau fasilitas tempat sewa saja. Namun, seperti case di menu cari roommate. Aku lihat foto yang disediakan kurang menarik dan bahkan tidak ada yang memasang foto tempat yang si penyewa sewakan. Aku tidak tau apa ini memang strategi marketing atau bagaimana (karena aku baru sadar, dari sekian web yang aku kunjungi untuk mencari informasi tempat sewa, semuanya selalu menampilkan foto tempat tinggal dengan resolusi rendah, pecah-pecah dan bahkan ada yang hanya memfoto temboknya saja -__-)

3. Iklan Gratis

Nah menu ini nih highlightnya. Jadi kalau kalian sudah mantap antara ingin menjadi pencari kamar atau menyewakan tempat tinggalnya. Kalian bisa registrasi dahulu di sini.
Setelah itu, kalian ikuti deh langkah selanjutnya setelah menjadi user.

Alasan kenapa kalian harus coba web ini

1. Mengembangkan ide berpotensi
Seperti opiniku sebelumnnya, ide dari web ini benar-benar menarik dan sangat membantu. Fyi, di luar negeri sudah banyak menerapkan sistem mencari roommate walaupun kedua belah pihak dalam kategori stranger. Tetapi kalau sama-sama dapat menguntungkan kenapa tidak. Selain bisa split uang sewa, kalian dapat teman baru, tidak tinggal sendiri dan bisa belajar untuk tinggal bersama orang lain. jadi aku harap, Web ini bisa berkembang cepat dan dapat membantu orang-orang yang memerlukan fitur ini.
Tetapi, tetap waspada ya guys.
2. Simple, Efektif dan Cheap
Bukan dalam arti murahan. Tetap di web ini semua yang tergabung adalah memang orang itu sendiri. Tanpa calo dan perwakilan seperti web lainnya. Sehingga harga sudah pasti dari pemilik itu sendiri sehingga membuat pencaharian lebih efektif karena ke orang yang tepat, lalu karena fitur di web ini sudah cukup lengkap, jadi yang kalian lakukan sangat simple dan tidak ribet.
Artikel ini ditulis oleh Naditha Maharani.
Kamu bisa mengunjungi blognya disini.

Leave a Reply

Your email address will not be published.