Kamu bisa baca artikel Fuji Astyani ini langsung di: http://www.fujichan.net/
Jangan lupa blogwalking kesana 🙂

Assalamualaikum semua. Alhamdulillah, kita semua dipertemukan kembali dengan bulan Desember. Ga…

Assalamualaikum semua.
Alhamdulillah, kita semua dipertemukan kembali dengan bulan Desember. Gak kerasa ya, udah di penghujung tahun 2016 aja, nih.
Di tahun 2016 sudah banyak sekali yang terjadi di dunia ini, termasuk di kehidupan kita. Salah satu momen yang paling aku ingat di 2016 ini adalah mengalami kali pertama kecelakaan lalu lintas (semoga gak keulang) dan di pertengahan tahun ini aku berhasil menyelesaikan studi S1 ku. Dengan selesainya studi S1 ku, itu berarti aku harus meninggalkan kos-kosan di Yogyakarta dan kembali ke kampung halamanku dan tinggal bersama orang tua.
Waktu itu rasanya berat banget buat ngepak barang-barang di kos dan masukin barang itu ke kardus-kardus, soalnya aku masih belom bisa move on dari kenikmatan ngekos. Di hari terakhir aku tidur di kosan, aku malah mulai teringat bagaimana dulu waktu aku pertama nyari kosan. Well, nyari kos-kosan itu susah-susah gampang sih, kalau bejo bisa dapat yang murah dan bagus, tapi kalau lagi gak bejo ya dapatnya mahal, susah ditawar lagi 😀
Kesulitan yang aku dapat saat nyari kos-kosan waktu itu adalah karena memang lagi penerimaan mahasiswa baru jadi hampir semua kos-kosan yang aku datangi itu udah penuh semua, termasuk asrama kampus. Waktu itu tahun 2012, aku ditemani ayahku dan supir untuk mencari kosan. Setiap gang, gapura dan sudut-sudut jalan kami datangi buat nyari kamar kosong. Dari pagi sampai siang belum dapat juga. Akhirnya aku terpaksa memilih sebuah kamar kosong seluas 4 x 5 meter. Kamar kosong itu pintunya mirip pintu kandang ayam, cuma pakai kunci gembok doang udah. Terus kayak banyak bolongnya gitu di pintu. Jendelanya banyak banget, dan kamar mandi diluar, dekat kebun rambutan. Sedih sih. Tapi mau gimana lagi, susah nyarinya dan kami juga udah capek. Terus, orang tuaku agak khawatir juga aku tinggal di kosan itu tanpa tetangga alias sendirian banget. Akhirnya, ayahku kayak nawarin ke orang buat jadi room mate aku, tapi gak ada yang mau hahahah.
Itulah suka duka nyari kosan di tahun 2012. Sepertinya di tahun 2016 nyari kos-kosan gak akan secapek waktu 2012, soalnya di 2016 kalau mau ngelakuin apapun, sekarang ini, pasti gak lepas dari searching dulu. Iya emang, termasuk mau ujian juga pada searching dulu, kan?
Nah, salah satu situs yang dapat mempertemukan penyedia sewa kos-kosan dan calon penyewa kos-kosan adalah serumah.com. Sebenarnya yang lebih di tekankan di serumah.com adalah menghubungkan pengguna untuk mencari teman sekamar dan berbagi kamar. Mereka yang ingin berbagi kamar sewa (sharing room rent) bisa mengiklankan kamar mereka di Serumah dan mencari roommate. Target utama pengiklan kamar di Serumah adalah mereka yang menyewa kamar sewa dan membutuhkan teman untuk sharing biaya sewa bukan pemilik kost/properti lainnya.

 

Jadi, selain memudahkan kamu untuk mendapatkan kos-kosan sesuai dengan kriteriamu, di serumah.com juga kamu bisa cari roommate dan bisa sama-sama meringankan biaya sewa. Serumah.com cocok untuk mahasiswa, karyawan yang bekerja di luar kota dan bisa juga untuk traveler.

Fitur-fitur di serumah.com ini juga cukup lengkap, diantaranya:

  • Penyewa yang ingin mencari teman patungan sewa. Mereka dapat mengiklankan tempat tinggal mereka (apartemen, kost dan juga rumah sewa) dan mencari calon penyewa. Dapat dilihat di link: https://serumah.com/en/submit-room-ad/ Namun kamu harus terlebih dahulu mendaftarkan diri di: https://serumah.com/register/
  • Pencari tempat tinggal (apartemen, kost, rumah sewa) dapat mencari properti yang mereka butuhkan sesuai dengan budget (Price Range) dan juga lokasi (Map Function). Dapat dilihat di link: https://serumah.com/en/find-room/
  • Pencari Roommate, yaitu mereka yang ingin mencari teman untuk tinggal bersama dan berbagi biaya tempat tinggal bersama dengan orang lain (baik itu housemate, roommate, kostmate atau flatmate). Dapat dilihat di: https://serumah.com/search-people/ lalu pilih “orang yang mencari teman sekamar/people looking for a room”
    Pada halaman https://serumah.com/search-people/, kamu juga akan menemukan opsi “orang yang mencari penyewa/people looking for a tenant”. Pada menu tersebut kamu akan menemukan profil penyewa yang ingin mencari teman patungan sewa yang mengiklankan properti yang mereka tempati (kost, apartemen, rumah sewa).

Untuk register pun sangat mudah kok, bakan bisa login with Facebook jadi lebih gampang. Nah, setelah register kamu tinggal isi data-data diri kamu selengkap-lengkapnya. Contohnya seperti yang aku screenshot dibawah

login with Facebook

 

isi ‘apakah kamu?’
isi data-data pribadi. Nomor telepon oposional saja (bisa diisi atau tidak), karena semua data akan di set public

 

Setelah membuat akun alias register di serumah.com dan mengisi datanya, langkah selanjutnya adalah gunakan fitur-fitur di serumah.com.

 

 

Situs serumah.com merupakan jawaban mudah bagi mahasiswa dan profesional muda yang merantau dari kota asal yang mencari tempat tinggal dan teman sekamar berdasarkan preferensi mereka. Dan lagi, mayoritas masyarakat di Indonesia adalah pengguna mobile phone sehingga telah pastikan bahwa serumah sangat mobile-friendly tanpa mengharuskan pengguna mengunduh aplikasi. Serumah.com tidak menutup kemungkinan untuk membuat aplikasi tetapi lebih mudah jika pengguna tidak perlu download aplikasi.

 

Jadi buat kamu yang sedang mencari sewa properti, serumah.com bisa jadi salah satu pilihanmu ^^

SIGN INTO YOUR ACCOUNT CREATE NEW ACCOUNT

 
×
CREATE ACCOUNT ALREADY HAVE AN ACCOUNT?
 
×
FORGOT YOUR DETAILS?
×

Go up