Artikel ini milik Alsheila ini bisa kamu baca langsung di: https://alsheilaaa.blogspot.co.id/
Silaakn blogwalk kesana 😉

Dulu waktu jadi mahasiswi, setiap jam kosong pasti ke kost’an temen. Ngaku deh, kalian juga kan ? kalo udah ketemu sama kost’an temen yang nyaman langsung jadi tempat basecamp. Tempat kumpul mau pergi bareng nongkrongnya di kost dia, mau makan siang di kost dia, mau leha-leha santai di kost dia, sampai tempat curhatan dan nuget ( a.k.a nugas) di kost dia lagi.

Hal pertama yang bikin aku betah berlama-lama di kost temen yaitu, ‘suasana nyaman’ dan ‘penghuninya asik ‘. Ada salah satu temen aku, namanya Fika dia kost di kawasan Rawa Belong posisi kost ya sangat strategis karena berhadapan dengan gedung kampus tercintah.
Menurutku Kost Fika sangat nyaman, fasilitas lengkap dan teman Roommate ya juga kocak.
Kalau aku pribadi lebih nyaman dengan kost yang penghuninya Perempuan, lebih seru aja karena mereka suka kasih tips cantik ataupun curhat tentang pasangannya. Maklum banyak anak rantau yang LDR dengan pasangannya.
Fika pernah bilang “Cari kost itu, susah gampang sil. cocok gak cocok gitu ! awalnya udah gue puterin semua tempat kost deket kampus tapi penuh semua, pas disini doang yang kosong cuma gue mesti sharing kamar, tadinya gak mau dan cari tempat lain aja karena gue biasa sendiri. lucunya setelah gue kenalan sama roommate gue eh dia jurusan sama, ya langsung klop gue ya sudah sini aja deh kan lumayan gue bayar 1 kamar tapi bagi dua “. 
 
Ibaratnya Kost itu tempat tinggal sementara kan, jadi kenyamanan, keamanan, teman, dan fasilitas harus terjamin. Akhirnya aku bertanya ke Fika, tips cari teman Roommate yang ‘kita banget’ gimana ?
1. Liat Kondisi Kamar ya
Berantakan, rapi banget, biasa aja atau jorok. Kepribadian seseorang bisa terlihat dari bagaimana ia mendekorasi dan menjaga kenyamanan kamar pribadinya. Bukan berarti yang berantakan itu gak bener, bukan ! tapi ini masalah kenyamanan untuk kita saat makan, tidur ataupun santai. Gak mau kan tiap saat bawelin temen Roommate karena berantakan atau kotor.
 
2. Sikap si Roommate
Ada pepatah mengatakan First Impression Determine Your Image. Inilah saat kita akan ngobrol dengan Roommate kamu mulai dari aktifitas sehari-hari, pekerjaan sampai hobi. Disini kita bisa lihat, respon Roommate terhadap kita welcome,asik, biasa aja atau cuek ?
 
3. Survey
Sekarangkan kita harus melek Teknologi, apalagi kemudahan untuk mengaksesnya gampang !
Cukup ketik website di gadget trus langsung muncul tampilannya, nah ini yang disebut Mobile Friendly Seperti Serumah.com . 
Ini adalah platform yang menghubungkan kita untuk mencari temen sekamar “Roomate” yang mau berbagi kamar sekaligus biaya sewa dengan seseorang, seperti Kost /Flat ataupun Apartemen.
Cara ya gimana ? 

serumah.com

 

serumah.com
Ketik di browser kalian, Serumah.com
trus Klik Sign In lalu klik “Daftar disini 

atau
 cukup  pakai tombol “with Facebook”

 

serumah.com
Klik “Cari Roommate” untuk pencarian

 

serumah.com
Di Menu “Cari Teman Sekamar”, tinggal pilih karakter roommate yang kamu mau atau langsung klik salah satu deretan foto Roommate
tapi…
mau lebih spesifikasi pilihan Roommate ya, 

klik “Opsi Pencarian Lebih Lengkap”
serumah.com
Melalui pilihan “Opsi Pencarian Lebih Lengkap”, kalian bisa memilih lebih detail karakter sampai permintaan kalian untuk Roommate.
Oh ya disini kalian bebas menentukan Range Harga biaya sewa. 

 

serumah.com
Ini salah satu, tampilan Detail Roommate. Kalian bisa langsung hubungi ke Nomor Kontak Roommate 
atau 
menggunakan fitur “Hubungi Saya”. jadi bisa kirim pesan secara pribadi ke calon Roommate kamu. 
Keunggulan ? 
+ Website Serumah.com sangat mudah di akses untuk apapun jenis gadget, tampilan versi desktop dan mobile sama. Malah versi mobile cenderung lebih ringkas dan ukuran tampilannya to the point. 
 
+ Memudahkan pencari roomsharing, housemate, kostmate, flatmate untuk mencari teman sekamar  dengan biaya “patungan ” ataupun mencari kamar kosong tanpa roommate. 
 
+ Para member bisa mengiklankan propertinya ( Rumah, Apartemen, Flat) untuk di sewakan.
+ Secara tidak langsung, aku bisa melihat seperti apa karakter Roommate yang aku inginkan, karena ada detail permintaan dari si Roommate.
+ Adanya fitur, range harga membuat aku lebih praktis menentukan minimum dan maksimum biaya yang akan dikeluarkan.
+ Ada kategori RoommatesProfessional ( pekerja) dan Student ( pelajar atau mahasiswa)
+ Cocok untuk anak magang atau kalian yang sedang melakukan penelitian di luar kota selama berbulan-bulan, Karena Serumah.com mempunyai fitur “Cari Kamar Sewa” disitu kalian bisa melihat kelengkapan fasilitas kamar yang disediakan. “
+ Gak perlu mendowonload aplikasi untuk menggunakan Jasa Serumah.com
Kekurangan ? 

– Fitur “Cari Roomate” terkesan biasa saja, memang sudah disediakan sarana inbox seperti “Hubungi Saya” tapi seringnya beberapa member hanya menuliskan biaya harga, nama panggilan, tidak ada foto,  dan lokasi yang tidak detail atau kawasan ia tinggal menyurutkan beberapa orang untuk menghubungi dia.

– Fitur “Cari Roommate” tidak di lengkapi spesifikasi ukuran dan fasilitas yang Roommate gunakan,  berbeda dengan fitur “Cari Sewa Kamar”dari segi detail fasilitas dan foto kamar jauh lebih lengkap. Minimal Roommate bisa diberikan kolom untuk menjelaskan luas kamarnya dan fasilitas yang ia dapatkan.
– Terkadang, membuka website Serumah.com via mobile lebih lama butuh 5 detik dibandingkan desktop version-Belum menjangkau seluruh lokasi Roommate / Sewa kamar di Indonesia, saat ini masih beberapa kota besar saja.

Menurutku website Serumah.com sudah membantu aku survei secara cepet dan efektif karena aku jadi punya list lokasi utama yang terdekat dengan tujuanku. Gak perlu harus tanya kiri-kanan dahulu, cukup melihat dari website ini aku bisa tau para pencari “Roommate” yang bersedia membayar patungan dan menyewakan kamarnya.

Worth it lah, buat mencari informasi tentang kamar kosong. Apalagi bagi anak rantau kan  dan traveler yang lagi butuh kamar di  luar lokasi dan daerahnya. Kalau temen-temen gimana pengalaman tentang “Roommates” ? share to share yuk sama aku lewat komen …

SIGN INTO YOUR ACCOUNT CREATE NEW ACCOUNT

 
×
CREATE ACCOUNT ALREADY HAVE AN ACCOUNT?
 
×
FORGOT YOUR DETAILS?
×

Go up