Kamu bisa baca langsung artikel dari Melodi Mary ini blognya: http://ceracausibungaliart.blogspot.co.id/
Jangan lupa blogwalking kesana 😉

Hallo, minna san…

Gomenasai ya kalau saya lama enggak posting-posting lagi, karena emang lagi sibuk jalan keluar kota nyari inspirasi. Hehehe… kaya apaan tau. Eh… tapi beneran loh, saya baru aja traveling ke satu kota didaerah Jawa Tengah. Nanti deh saya bakal ceritain di lain season :p

Nah, ngomong-ngomong soal jalan-jalan, pastinya kalian bakal ribet nyiapin segala sesuatunya. Jadi ada baiknya kalau bikin rencana jauh-jauh hari, biar kalian bisa prepare sebaik mungkin. Jangan dadakan pokoknya, kecuali kalian mendadak dapat undangan interview kerja diluar kota.

Beberapa hal penting yang harus disiapkan dan tidak boleh terlupakan ketika travelling (apapun tujuan perjalanan nya), menurut pengalaman saya pribadi adalah sebagai berikut :

☕Obat-obatan
Paling tidak kalian harus punya minyak gosok dan obat-obatan sederhana yang bisa kalian beli di warung tetangga.

☕Pakaian ganti
Kalian bisa memilih-milih pakaian yang akan kalian bawa berdasarkan fungsinya, misalnya baju buat main ke pantai, baju tidur, dan pakaian formal kalau kalian punya tujuan mencari kerja keluar kota.

☕Pakaian dalam
Ini penting, karena kesehatan badan kalian dipengaruhi juga oleh kebersihan pakaian dalam.

☕Sendal jepit
Penting untuk keadaan gawat darurat seperti sendal cantik putus, high heels patah, sepatu robek atau ketika enggak nemu toilet umum tapi ketemunya sungai, mau nggak mau kalian pasti save sepatu terbaik kalian kan. Hehehe…

☕Perlengkapan perang
Apaan ya ini? Hehehe… benda-benda yang termasuk dalam kategori ini adalah sisir, handuk, perlengkapan mandi. Buat yang cewe jangan bawa makeup yang ribet. Bawa aja sunblock, lotion, pelembab, bedak dan lipstick atau lipbalm aja sama parfum.

Biar enggak berat bawaan kamu.perlengkapan mandi pun juga bawa aja perlengkapan yang paling penting, misal shampoo dan sabun, ga perlu bawa-bawa lulur mandi apalagi batu apung buat gosokin badan. Hehehe…

☕Oiya tiket transportasi dan ID card juga jangan sampai ketinggalan.

☕Terakhir, pahami alamat tujuan kamu
Sudah jelas apa tidak. Biar kamu tidak kesasar. Dan tidak akan menyusahkan ketika kamu hendak mencari tempat bermalam (pengecualian kalau kamu punya kerabat atau rekan yang tinggal di kota yang akan kamu tuju).

Nah, itu beberapa hal yang perlu kamu siapin.

Ngomong-ngomong soal bermalam, sekarang udah banyak aplikasi atau situs yang menyediakan informasi tempat bermalam, mulai dari kelas dan tarifnya. Beberapa platform menyediakan informasi dan booking tempat beserta jadwal dan booking tiket perjalanan. Tetapi tak semua orang bersedia menginap di hotel-hotel mewah seperti yang banyak ditawarkan oleh platform-platform penyedia jasa booking hotel yang merajalela. Tentu saja biaya menjadi alasan paling utama dalam pemilihan tempat menginap. Apalagi kalau memiliki rencana tinggal dikota orang dalam jangka waktu yang cukup lama (biasanya nih buat para mahasiswa, pencari kerja atau yang baru saja diterima bekerja).

Pilihan fitur pada menu serumah.com

Beberapa orang memilih mencari kamar atau rumah sewa yang memang harganya lebih murah. Tetapi mencari kamar atau rumah sewa adalah hal yang tidak mudah. Kita harus banyak bertanya pada orang lain untuk lokasi nya, itupun kalau kita sudah punya kenalan. Dan itu pun tidak segampang seperti kita booking hotel yang bisa kita lakukan lewat aplikasi dari ponsel kita. Kita harus cek satu persatu lokasi kamar ataupun rumah sewa, apakah sesuai dengan dompet, lingkungannya sudah sesuai dengan keinginan kita atau tidak. Itu sungguh merepotkan bukan?!

Tetapi sekarang ada platform kece yang cocok buat kita-kita yang hobi jalan atau buat kamu yang sedang berencana bekerja atau menempuh pendidikan di kota lain. Namanya Serumah.
Kamu cukup mengunjungi situs platform Serumah dari ponsel kamu untuk mendapatkan informasi tempat sewa bahkan teman sekamar. Simple dan sangat mudah kan?! Di website Serumah kamu akan disuguhi 3 fitur utama, yakni :

🍬Submit room ad. Fitur ini buat para pemilik properti (kamar sewa, rumah sewa, apartemen) yang hendak menawarkan jasa sewa properti nya, tetapi sebelumnya pemilik properti diwajibkan melakukan registrasi akun terlebih dahulu.

🍬Find room. Berfungsi untuk kalian yang akan mencari tempat sewa. Kamu bisa mengetik nama kota atau area yang kamu tuju dikolom yang tersedia. Lalu halaman akan loading dengan sendirinya dan menampilkan foto ruangan properti yang disewakan beserta harganya dan tanggal sejak kapan tersedia. Klik salah satu gambar yang telah kamu pilih. Dan kamu akan mendapatkan informasi alamat lokasi, jenis properti, jumlah kamar, harga, fasilitas, alamat kontak pemilik properti, dan keterangan who lives here now. Meliputi jenis kelamin dan jumlah penyewa, total housemates, apa ada yang merokok atau tidak, perkiraan usia, status pekerjaan, keterangan attitudes dan tidiness. Lebih lengkapnya kamu bisa cari tahu dengan mengunjungi langsung situsnya.

🍬Search people. Digunakan untuk mencari dan menemukan teman sekamar. Pada menu ini, terdapat opsi people looking for a tenant dimana kamu bisa melihat profil akun si penyedia jasa sewa properti. Untuk memulai pencarian kamu ketik nama kota dikolom any, lalu klik tombol search. Akan muncul foto beberapa penyewa yang bisa jadi housemates kamu. Kamu tinggal pilih foto untuk melihat detail profil si penyewa, calon teman sekamar kamu.

Ada nomer kontak yang bisa kamu hubungi diprofil tersebut. Atau bisa mengirim pesan di kolom Hubungi Saya dibawah profil tersebut, kamu tinggal mengisinya dengan nama, email, no telepon dan isi pesan.
Ini lebih mudah ketimbang kamu harus mencari satu persatu teman sekamar dengan akun facebook, twitter, atau path kamu. Karena di platform ini semua orang memiliki tujuan yang sama, yakni menyewa ruangan dan mencari teman sekamar.

Sayangnya, platform ini belum menyediakan aplikasi khusus android. Tetapi fitur yang disuguhkan cukup memuaskan bagi kita yang memang memerlukan informasi kamar kost, rumah sewa atau bahkan apartemen. Kamu bisa kunjungi website-nya di serumah.com atau klik tautan ini Serumah.

Selamat berburu tempat dan teman sekamar yaaaaa…


SIGN INTO YOUR ACCOUNT CREATE NEW ACCOUNT

 
×
CREATE ACCOUNT ALREADY HAVE AN ACCOUNT?
 
×
FORGOT YOUR DETAILS?
×

Go up