Artikel ini bisa kamu baca langsung di Blog Julius: http://juliusspot.blog.uns.ac.id/
Jangan lupa blogwalking kesana 🙂

Bisnis di Dunia Maya

Semakin meningkatnya pengguna internet khususnya jejaringan sosial membuat bisnis di dunia maya semakin pesat berkembang. Meski kepercayaan masyarakat Indonesia untuk melakukan transaksi online masih tergolong rendah, bisnis online tetap berkembang dengan cepat. Perkembangan pasar online tidak hanya terjadi pada kebutuhan barang seperti pakaian atau barang elektronik saja. Tetapi juga berkembang ke bisnis penyedia jasa dan informasi. Layanan yang memberikan jasa berupa informasi, menjadi populer karena memberikan kemudahan dalam beraktivitas dan tentunya menghemat biaya dan waktu.

Mencari Tempat Tinggal dan “Roommates” secara Online

Salah satu informasi yang paling sering dicari adalah informasi tentang tempat tinggal, baik itu rumah kost ataupun rumah kontrakan. Secara umum, bagi mahasiswa ataupun para pekerja profesional yang harus tinggal di luar kota, informasi untuk mencari tempat tinggal menjadi sangat berharga. Hal tersebut karena dapat meningkatkan mobilitas dan juga menghemat waktu dan biaya. Adanya tingkat permintaan masyarakat yang belum terpenuhi membuat pelaku usaha belomba-lomba memberikan layanan untuk memenuhi kebutuhan pasar. Saat ini banyak situs memberikan informasi tentang rumah sewa ataupun kost baik itu melalui situs jejaring sosial, seperti Kaskus, maupun situs khusus yang memberikan informasi sewa rumah, seperti serumah, infokost, mitula maupun OLX.
Untuk memenuhi permintaan akan kebutuhan tempat tinggal dengan harga terjangkau, saat ini di Indonesia berkembang trend roommates. Dengan cara ini, memungkinkan untuk berbagi kamar (room sharing) dengan lebih dari satu orang dalam satu kamar sewa. Serumah.com merupakan situs yang mobile friendly dan accessible untuk memperoleh informasi tentang tempat tinggal. Situs ini dibuat dengan tujuan memfasilitasi para pencari tempat tinggal untuk memperoleh kamar sewa sesuai dengan keinginan. Keunggulan mencari roommate atau teman sekamar dari situs ini (dibandingkan situs sosial seperti facebook, Kaskus) menyediakan fitur yang memungkinkan penyewa untuk berbagi kamar (room sharing) dengan penyewa lain. Dengan kata lain, situs ini memungkinkan untuk menghemat pengeluaran dengan cara berbagi tempat tinggal dengan teman sekamar (roommate). Hal ini, tentunya sangat membantu bagi mahasiswa ataupun pekerja profesional untuk memperoleh tempat tinggal dengan harga terjangkau.

Pro dan Kontra Berbagi Tempat Tinggal

Tentunya dengan tinggal dengan orang lain memberikan sisi positif dan juga negatif. Di satu sisi, berbagi kamar tentunya menghemat biaya pengeluaran, karena pembayaran (seperti tagihan listrik, air dan sebagainya) dapat dibagi dengan orang lain. Selain itu, berbagi kamar memungkinkan kamu untuk mendapatkan tempat tinggal mewah dengan harga yang terjangkau. Namun disisi lain, hal ini memungkinkan terjadinya tindak kejahatan dari pihak tertentu. Sehingga dengan berbagi kamar, menuntut kewaspadaan yang lebih untuk menjaga keamanan diri sendiri dan lingkungan sekitar.


SIGN INTO YOUR ACCOUNT CREATE NEW ACCOUNT

 
×
CREATE ACCOUNT ALREADY HAVE AN ACCOUNT?
 
×
FORGOT YOUR DETAILS?
×

Go up