Your search results

Cara Memilih Teman Yang Tepat Untuk Tinggal Serumah by Dani Maulana

Posted by teamserumah on 2016-06-28
| 0

Kamu juga bisa baca di blognya Dani, disini: http://www.danimaulana.com/2016/06/cara-memilih-teman-yang-tepat-untuk.html
Jangan lupa divisit blognya! 😉

Disini ada yang baru dapat kerja diluar kota, kuliah diluar kota atau yang mencari teman untuk tinggal dalam satu kost?

Setiap bulan puasa entah kenapa gue selalu inget masa lalu ketika baru keterima kerja disalah satu perusahaan. Waktu itu gue ditempatkan jauh sekali dari rumah, dan mau tidak mau harus mencari kontrakan, kamar kost atau rumah sewa untuk tinggal sementara selama bekerja.

Ada beberapa kendala saat mencari kontrakan atau kamar sewa saat itu yang gue alamin:

Pertama, harga sewa kamar atau kontrakan yang gak sesuai sama penghasilan karyawan baru saat itu. Terhitung biaya yang harus gue keluarkan begitu mahal. Dilema yang dialami harus memilih tempat tinggal atau makan. Gue dapet tempat tinggal tapi gak bisa beli makan, atau gue makan tapi tidur didepan ruko-ruko dengan beralaskan kardus bekas.

Kedua, setelah menemukan solusi untuk meringankan biaya sewa kamar (saat itu gue memilih untuk berbagi kamar agar sewa bisa dibayar patungan), hal lain yang menjadi kendala adalah mencari teman yang mau tinggal sekamar dengan gue. Walaupun ada yang mau sekamar sama gue, pertanyaannya apakah gue mau sekamar dengan dia?

Mencari teman sekamar tidak semudah mencari pacar ditumpukan jerami. Salah memilih teman sekamar dapat mengancam keselamatan, kesucian dan kehormatan. Ini serius.

Ketiga, jarak kamar kost yang masih terhitung jauh dari tempat kerja. Ini juga jadi masalah dan kendala untuk karyawan baru seperti gue saat itu. Sudah mengeluarkan biaya untuk sewa masa harus ditambah juga biaya ongkos. Ini namanya pemborosan. Tapi, sulit mencari kontrakan yang dekat dengan tempat kerja saat itu.

Akhirnya… Terpaksa gue memilih nebeng sama karyawan senior saat itu.

Pertanyaannya, apakah lo pernah mengalami kendala seperti yang gue alami diatas saat mencari kamar sewa atau kontrakan?

Begini aja deh… siapa tau pengalaman gue diatas gak sama. Karena bisa aja kondisi keuangan kita berbeda. Bisa aja lo punya uang lebih dan menyewa kamar jadi lebih mudah. Tapi walaupun punya uang, tetap aja kan lo harus nyari dulu lokasi dan harga yang pas untuk lo pilih.
Ingat…

“Kalau lo salah memilih kamar dan teman sekamar resikonyan sangat besar.”

Karena lo bakal terpengaruh sama temen sekamar lo. Kalau dia jorok lo yang tadinya bersih jadi ikut jorok, kalau dia perokok bisa jadi lo juga bakal ikut-ikutan ngeroko, atau kalau dia gak punya pengertian, bisa-bisa setiap hari lo yang harus beres-beres kamar, beli aer galon sampai bayar iuran kebersihan.

Saran gue, kalau lo mau memilih kamar sewa atau teman sekamar yang diajak nyewa untuk meringankan beban sewa, carilah lingkungan yang baik dan kenali calon teman sekamar dengan baik terlebih dahulu.
Kenapa sih nyari temen sekamar aja harus milih-milih?

Pertama, karena lo akan terpengaruh baik emosi, mental atau kelakuan. Secara dia bareng lo terus gitu.

Kedua, lo gak hanya nyari tempat tinggal, tapi juga lo butuh tempat istirahat yang nyaman, bersih, dan murah. Sehingga bagi gue penting mencari teman sekamar yang gak rese, gak jorok dan bisa diajak patungan.

Tapi ada berita baik loh buat lo semuanya yang sampai sekarang belum bisa nyari tempat sewa kamar yang cocok baik harga dan lokasinya. Ditambah lagi kita bisa nyari teman sekamar juga loh sesuai kriteria yang kita mau.

Saat ini trend berbagi ruangan/roomsharing sangat gencar. Beberapa orang berinisiatif untuk membuat situs pencari teman sekamar agar orang-orang yang ingin menyewa rumah dapat berbagi tempat tinggal dan mengurangi biaya pengeluaran untuk tempat tinggal. Berawal dari ide tersebut, website serumah.com diluncurkan sejak awal tahun 2016

Tujuan situs ini didirikan adalah untuk membantu lebih banyak pengguna diluar sana untuk mencari kamar yang disewakan khususnya di Jakarta dan sekitarnya. Trend saat ini adalah mencari kamar sewa mengggunakan situs social seperti Facebook atau Kaskus. Namun begitu keduanya bukanlah situs khusus untuk pencarian kamar sewa. Sangat beresiko kalau menggunakan situs social tersebut.

Benar, memang situs web serumah.com dibuat khusus untuk pencarian kost dan menjadi situs yang paling mendapat sambutan hangat selama ini. Serumah.com merasakan bahwa banyak improvisasi yang dapat mereka dilakukan. Misalanya memberikan fitur:
Map Function
Price Range
Find a Housemate – Contact Users

Fitur yang paling istimewa buat gue yang ada di situs ini adalah Find a Housemate. Dapat dilihat di link ini: http://serumah.com/search-people/ disini pengguna bisa mencari housemate atau pun jika pengguna punya kamar sewa / pemilik rumah sewa yang potensial dan juga sebaliknya. Disini ada dua option tambahan
People looking for a room
People looking for a tenant

Jadi ini bisa membantu gue dan mereka diluar sana yang mungkin selalu mencari housemate untuk penuhkan kamar / rumah sewa dan bukan itu saja, kedua fitur tersebut berguna untuk keduanya, penyewa dan tuan rumah.
Mengapa serumah.com – mengapa tidak? Jika itu adalah suatu improvasi dari sebuah situs web yang sering digunakan banyak orang dan gratis. Untuk tambahan lagi, situs ini seolah-olah tahu bahwa mayoritas pengguna di Indonesia adalah pengguna mobile. Situs ini telah memastikan bahwa webnya mobile-friendly tanpa mengharuskan pengguna mengunduh aplikasi terlebih dahulu. Serumah.com menolak kemungkinan untuk membuat aplikasi karena pengguna lebih mudah mengakses langsung tidak perlu mendownload aplikasi.

Situs ini tidak ada golongan/kelompok focus tertentu, karena melibatkan semua penyewa dan tuan rumah. Ini berarti kesenjangan usia yang berbeda-beda. Namun begitu, dapat dikatakan bahwa situs ini memang ingin bantu mereka yang dikelas menengah dan kebawah atau pun “middle income” dan “low income” group khususnya pelajar dan eksekutif muda yang baru memulai pekerjaan di kota raya. Oleh karena itu Price Range pun dibuat maksimum Rp 10 juta dan itu pun sudah sangat mahal bagi sebuah ruangan. Dengan harapan, lebih mudah orang mencari kamar sewa karena mereka tahu bahwa 2016 dan seterusnya akan lebih sulit bagi golongan ini jika tidak dapat mengelola keuangan dengan baik dan menyewa kamar adalah salah satu cara untuk mengelola keuangan dengan baik.

Kini dengan serumah.com mencari teman sekamar tidak sesulit lagi seperti mencari teman sehati.

Ok gue mantannya Isyana Sarasvati mengucapkan terimakasih dan Selamat mencoba.

Leave a Reply

Your email address will not be published.