Your search results

Yuk, Sewakan Kamarmu!

Posted by codemin on 2016-05-10
| 0

Flat-sharing? Housemate?

Pernahkah kamu mendengar kata-kata ini sebelumnya? Mungkin, bagi sebagian besar teman-teman yang pernah tinggal di luar negeri, seperti Inggris, Jerman dan Australia. Mungkin sudah tidak asing lagi mendengar kata-kata tersebut. Namun, bagi teman-teman-teman di Indonesia, kata-kata seperti flat-sharing masih terdengar asing. Kita di Indonesia, akan lebih sering mendengar kata teman kost atau ngontrak bareng. Kedua hal tersebut sudah tidak asing lagi, terutama bagi mahasiswa perantauan yang menuntut ilmu jauh dari kampung halaman.

Berangkat dari ide yang sama, yaitu ngontrak bareng atau bahasa kerennya flat-sharing. Dalam artikel kali ini, kami ingin mengulas sedikit peluang bisnis yang kamu bisa dapatkan dari kamar kosong di rumahmu. Penasaran, kan? Bisnis kayak apa sih yang dapat kamu lakukan dengan satu atau dua kamar kosong di rumahmu, terutama bagi kamu yang tinggal di kota besar seperti Jakarta. Kok bisa? Ya, bisa dong ini 2016, bro, sis, apapun bisa kamu jadikan sebagai bisinis yang halal.

Oke, kita mulai berbicara fakta yang sering kita temukan. Berapa sih harga pasaran kost nyaman di kota besar seperti Jakarta? Sebutlah untuk satu kamar dengan AC, kasur, lemari dan kamar mandi dalam dihargai sebesear Rp. 1,5 juta. Atau, kita lihat kamar standar deh yang non-AC, tapi fasilitas lengkap, biasanya sekitar Rp 800 ribu! Nah, see? Sepertinya kalian mulai dapat point yang akan disampaikan dalam artikel ini, hehe. Bayangkan, kalau kamu punya satu kamar kosong dirumah dan kamu sewakan kepada orang yang membutuhkan. Berapa uang yang dapat kamu terima perbulannya? Dan kalau diakumulasi selama setahun? Wow!

Mengambil Untung dari Kamar Kosong di Rumahmu

Kurang tepat rasanya bila menyebut ini mengambil untung. Mungkin lebih tepat bila kamu menyebutnya sebagai memanfaatkan kamar yang tidak terpakai. Tapi kamar yang layak lho, bukan gudang atau kamar si mbok, hehehe. Misalnya nih, kamu memiliki kamar lebih dan tidak terpakai, atau hanya sebagai kamar tamu. Itupun jarang ada tamu yang menginap, kecuali bila ada acara spesial. Hal tersebut bisa kamu manfaatkan, percaya deh, diluar sana banyak yang mencari kamar sewa yang aman dan nyaman dengan harga terjangkau.

Sebelum kamu menengok kamar kosong di rumahmu dan berpikir untuk menyewakannya. Ada beberapa hal penting yang dapat kamu tawarkan dan kamu jadikan sebagai “nilai jual” dari kamarmu.

Beberapa hal berikut meliputi:

1. Perhatikan fasilitas yang ingin kamu tonjolkan

Misalnya garasi yang luas dan memungkinkan calon housemate-mu untuk memarkir mobil di garasimu, atau kamarmu dilengkapi dengan AC, lemari, meja belajar dan fasilitas umum lainnya, layaknya kost-kostan. Kamu juga dapat menonjolkan aspek keamanan di lingkungan mu atau keramah-tamahan tetangga serta keluarga yang tinggal di sekitarnya. Bila kamu ingin berbaik hati sedikit, kamu bisa menawarkan free meals, yakin deh pasti banyak banget yang mau menyewa kamarmu.

2. Hal lain yang perlu kamu perhatikan adalah fasilitas standar yang harus kamu sediakan

Kebanyakan calon penyewa menginginkan kamar yang nyaman dan cepat untuk ditinggali. Alangkah baiknya, bila kamu menyediakan kasur, bantal,selimut, listrik dan air.

3. Hal ketiga yang perlu kamu perhatikan adalah harga

Kamu harus mengecek harga pasaran kamar di dareahmu, dan siapa target penyewa kamarmu. Contoh, kamu memiliki rumah di kawasan Pondok Indah, Jakarta Selatan, kamu dapat menargetkan para karyawan swasta yang berkantor di arteri Pondok Indah. Pastikan kamu memiliki harga yang tidak lebih mahal dari harga kamar kost, atau apartemen terdekat. Tidak dapat dipungkiri, harga sebuah kamar atau tempat tinggal adalah hal pertama yang dilihat dari seorang penyewa yang ingin mencari kamar sewa.

Eits, tunggu dulu, setelah kamu menimbang ketiga hal diatas, kamu harus ingat bahwa kamar sewa di sebuah property pribadi memiliki keuntungan tersendiri dari tepat kost atau boarding house.

Apa saja keuntungannya?

  • Pertama, calon penyewa akan tinggal bersama keluargamu atau siapapun yang berada dirumahmu, jadi si calon penyewa otomatis memiliki keluarga baru dan teman baru.
  • Kedua, lingkungan di property pribadi terbukti lebih aman, karena ada peraturan dan orang-orang tidak dapat seenaknya memasuki property pribadi seseorang.
  • Ketiga, fasilitas yang ditawarkan lebih banyak, jarang kan ada tempat kost yang menyediakan ruang tamu dan teras untuk bersantai? Nah, disini kamu sebagai penyewa kamar menyediakannya!

Bagaimana Caranya?

Setelah kamu mengetahui apa yang bisa kamu tawarkan, terutama kelebihan yang dimiliki kamarmu kepada calon penyewa. Sekarang saatnya beriklan! Kamu tahu kan? Sekarang sudah banyak situs atau website yang membuat orang mudah dalam mencari kamar kost-an. Tapi kurang tepat rasanya bila kamu mengiklankan kamarmu disana. Karena sebenernya kamu bukan agen kost-kostan dan properti yang kamu miliki bukanlah property bisnis yang dikhususkan untuk tempat kost. Tidak perlu bingung begitu, kami tau kalian, yang memiliki kamar kosong di rumah kalian sangat bersemangat untuk mencoba bisnis ini. Berita bagusnya, kami hadir menawarkan Serumah.com sebagai situs flat-sharing dan housemate-finding pertama di Indonesia.

Kamu dapat mengiklankan kamar kosong di rumahmu dengan sangat mudah, daftarkan profilmu sebagai orang yang memiliki kamar sewa dan ingin menyewakannya, serta mengisi beberapa data, unggah foto dan tulis deskripsi kamarmu semenarik mungkin, jangan lupa ya cantumkan harga yang kompetitif supaya banyak orang yang berminat! Setelah kamu mengiklankan kamarmu, jangan untuk berbagi tautan di seluruh akun media sosialmu seperti Twitter, Facebook, Instagram dan Path untuk menyebarluaskan iklan kamar sewamu.

Fitur lain yang ditawarkan Serumah.com adalah roommate-finding bila kita terjemahkan dalam bahasa Indonesia, disebut cari teman sewa bareng. Nah, fitur ini cocok banget buat kamu yang merasa sewa rumah, apartemen atau kamarmu kemahalan dan ingin mencari teman untuk berbagi tagihan suapaya tidak terlalu berat dikantong. Sama seperti mengiklankan kamar, kamu tinggal buat profil dan sign in sebagai orang yang sedang mencari teman untuk berbagi kamar. Simpel dan praktis kan? Yuk, coba serumah.com!

Leave a Reply

Your email address will not be published.