Your search results

Inilah Alasan Kamu Perlu Memiliki Teman Sekamar

Posted by teamserumah on 2016-03-22
| 0

Apa saja keuntungan memiliki teman sekamar? Apakah keuntungannya bisa mengalahkan resiko tinggal bersama dengan orang lain?

Ya, memiliki teman teman sekamar atau roommate tidak hanya bisa memberimu keuntungan finansial, tetapi juga bisa menjadi pengaruh yang baik bagi karir maupun kehidupan pribadi. Yah, memang bisa saja ada roommate yang menyebalkan dan tak disangka-sangka. Tetapi ketika kamu sudah bertemu dengan roommate yang tepat dan cocok, kamu akan merasa bahwa mereka sangat membantu dan bisa diandalkan hampir setiap waktu. Di luar sana ada banyak sekali orang baik, jangan pernah pesimis untuk menjadikan salah satu dari mereka sebagai roommate-mu.

Lihat berbagai alasan di bawah ini dan temukan jawaban mengapa memiliki teman sekamar direkomendasikan.          

UNTUK ALASAN FINANSIAL…

Kamu Bisa Membagi Biaya Sewa

Menyewa apartemen sendiri bisa menghabiskan banyak biaya, terutama di kota besar seperti Jakarta. Tentu, kamu akan mendapatkan privasi jika tinggal sendiri. Tapi coba pikirkan kembali, berapa banyak uang yang bisa kamu tabung dan sisihkan dengan membagi biaya sewa. Kamu bisa menggunakan sisa uang tersebut untuk pergi berlibur atau bahkan berinvestasi. Kamu juga bisa mencoba mencari apartemen dengan lokasi yang strategis, namun dengan harga sewa yang lebih rendah. Sedikit tips, jika biaya sewa harus dibayarkan per bulan, pastikan kamu memilih roommate yang bisa diandalkan untuk membayar biaya sewa tepat waktu.

Lebih Menghemat Dalam Urusan Perabotan

Selain kamarmu sendiri, kamu bisa membagi tugas menata apartemen dengan roommate-mu. Dengan begitu kamu bisa semakin menghemat biaya yang dikeluarkan. Perabotan mungkin bukan hal yang krusial, tetapi bayangkan jika tidak ada sofa di ruang tengahmu. Jadi, bersama-sama berusaha menata apartemen dengan berbagai perabotan bisa membantu meringankan beban masing-masing namun tetap bermanfaat untuk membuat tempat tinggalmu semakin indah dan nyaman. Tentu saja kamu dan roommate-mu bisa membawa barang-barang tersebut jika suatu saat salah satu akan pindah. Yang penting, kamu tidak perlu terlalu terbebani oleh biaya perabotan ketika memutuskan untuk tinggal di tempat tersebut.

Lebih Menghemat Dalam Urusan Transportasi

Beruntung jika teman sekamarmu juga satu kantor denganmu. Kamu bisa menghabiskan lebih sedikit bahan bakar dengan berangkat bersama ke kantor. Otomatis, biaya harian yang harus kamu keluarkan akan sedikit menyusut. Selain itu, kendaraanmu akan lebih awet karena tidak digunakan secara berlebihan. Artinya, biaya bengkel pun juga bisa menyusut. Meskipun kamu dan roommate-mu tidak satu kantor, sesekali kamu juga bisa meminta izin untuk menebeng ke bank, mall, dan sebagainya. Jangan lupa hal ini harus dilakukan bergantian. Jika kamu tidak memiliki kendaraan, sebaiknya tawarkan untuk membayar biaya bahan bakar kepada roommate-mu yang bersedia mengantarmu ke tempat tujuan.

UNTUK KARIERMU…

b>Membangun Network Lebih Luas

Meskipun kamu bukan orang yang menyukai bersosialisasi, tinggal bersama orang lain akan memaksamu bertemu dengan lebih banyak orang. Hal ini bisa berdampak sangat baik. Teman sekamarmu mungkin sesekali akan mengundang teman-temannya untuk mampir ke apartemen. Setelah berkenalan denganmu, bisa saja salah satu dari mereka ternyata memberikan kesempatan berkarir yang luar biasa kepadamu. Kita semua tahu pentingnya menjalin hubungan dan memperluas jaringan (networking), dan hal itu benar. Semakin banyak orang yang kita kenal maka semakin luas jaringan yang kita miliki. Tidak heran jika ini bisa membantu kita menemukan begitu banyak opsi serta kesempatan berkarir, meskipun awalnya hanya berniat untuk menambah teman dan bukan untuk menjadi seorang oportunis.

Meningkatkan Performa Kerja

Memiliki teman sekamar yang punya karir serta bekerja di perusahaan yang lebih baik bisa membuatmu merasa sedikit iri. Tetapi, hal ini bisa menjadi sesuatu yang baik dan bisa dijadikan alasan serta pacuan untuk meningkatkan performa di tempatmu bekerja. Dikelilingi oleh orang-orang sukses akan menjadikanmu sukses juga. Atau bisa saja keadaannya berbalik, yaitu kamu memiliki pengalaman bekerja jauh lebih baik dari teman sekamarmu yang baru saja memulai karirnya. Kamu bisa memberikan nasihat serta motivasi agar ia bisa meningkatkan performanya. Jika keduanya berada di level yang sama, tentu tidak ada salahnya saling menyemangati dan memotivasi di tengah beratnya tuntutan pekerjaan. Mengapa tidak coba untuk saling menjadi alarm jika salah satu telat bangun untuk pergi ke kantor.

UNTUK KEAMANANMU…

Kemungkinan Pencuri Membobol Masuk Lebih Sedikit

Kita tidak akan pernah tahu kapan musibah akan menghampiri. Dengan adanya lebih banyak orang di apartemen, pencuri mungkin akan berpikir dua kali sebelum memutuskan untuk membobol masuk. Jika jadwalmu dan teman sekamarmu tidak sama, besar kemungkinan apartemenmu tidak pernah kosong. Terlebih lagi, kamu akan merasa lebih aman dengan adanya teman yang selalu ada di dekatmu, dibandingkan jika kamu tinggal sendiri dan harus menelpon orang lain jika ingin meminta bantuan.

Akan Selalu Tersedia Kunci Cadangan Ketika Milikmu Hilang

Siapa saja bisa slebor dan menghilangkan kunci rumah. Jika kamu memiliki roommate, kasus ini mudah diselesaikan. Tinggal memanggil roommate-mu, lalu ia akan membukakan pintu untukmu. Bayangkan jika kamu tinggal sendiri dan terkunci di luar pada tengah malam. Mengganggu sekali. Belum lagi jika memikirkan biaya ekstra yang harus dikeluarkan untuk mengganti kunci di pintu.   

UNTUK KEGEMBIRAAN DAN KECERIAAN…

Lebih Banyak Hiburan

Jika berbicara mengenai TV berlangganan, kamu bisa membagi biaya per bulannya dan mendapatkan lebih banyak channel. Uang yang tersisa bahkan kemudian bisa digunakan untuk pergi menonton film di akhir pekan. Selain itu, lebih banyak orang berarti lebih banyak koleksi. Kamu bisa menyatukan koleksi film, games, atau majalah dan saling meminjam. How convenient.

Sahabat Baru

Teman sekamar bisa menjadi orang yang paling dekat denganmu dalam keseharianmu. Tidak heran jika pada akhirnya ia menjadi sahabat dekatmu untuk jangka waktu yang lama, bahkan setelah kalian tidak tinggal bersama. Ia lah yang akan melihatmu sehari-hari dengan pakaian tidurmu, atau mendengarkan curhatan soal atasanmu. Meskipun awalnya mungkin terasa aneh tinggal dengan orang lain, perlahan-lahan kamu akan membangun hubungan keterikatan dan ketergantungan dengan roommate. Kamu bisa bersenang-senang bersama, melakukan berbagai aktivitas seperti pergi berjalan-jalan, menonton film, atau berbelanja bersama. Terlebih lagi, ia bisa menghibur dan membantu menyemangatimu ketika berada di masa yang sulit.

FOR YOUR EASIER LIFE…

Somebody Else Will Help You Clean

Never underestimate how house chores can be very time and energy consuming! It seems that you will never finish them eventhough you have spent all of your spare time. If there are roommates, you will not get that stressful just to neat your apartment. You can split the chores and get more rests at home.

You Will Hardly Get Starved

If you run out of milk or food, there will always be your roommates’ stocks to borrow. Just never forget to ask them first and get the new ones later. Besides that, there will be more chances to have free food from your roommates’ girlfriends or parents. More luckily, if your roommates love to cook or eat. There must be more cookies, chocolates, or chips leftover.

Seseorang Untuk Menjaga Hewan Peliharaanmu Ketika Kamu Sedang Pergi

Jika kamu menyukai dan memiliki hewan peliharaan di apartemen, pasti berat rasanya jika harus meninggalkan mereka. Tentu tersedia banyak tempat penitipan hewan namun harganya bisa cukup mahal. Jika kamu memiliki roommate, kamu bisa meminta bantuannya untuk menjaga hewan peliharaanmu ketika kamu sedang pergi. Lebih menyakinkan jika meninggalkan hewan peliharaan dengan seseorang yang sudah kamu kenal, dibandingkan dengan orang asing. Sebagai imbalan, kamu bisa menraktir teman sekamarmu atau menawarkan memberikan bantuan yang serupa.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published.