berbagi apartemen jakarta, sharing apartment jakarta, sharing tempat tinggal, berbagi kamar kost

Apakah kamu penggemar setia dari serial Friends dari Amerika?
Jika kamu adalah penggemar setia dari serial komedi ini, kamu pasti sudah tidak asing lagi dengan “flat-sharing” atau berbagi rumah flat untuk tinggal bersama. Berbagi kamar atau rumah bukan lagi hal baru di Amerika dan Eropa, tetapi bagi orang yang tinggal di Jakarta. Hal tersebut merupakan hal baru dan banyak orang yang belum terbiasa dengan kebiasaan tinggal bareng atau berbagi kamar sewa bersama.

Terlebih lagi, untuk orang yang berbeda gender, wah, kamu bisa dituduh melakukan perbuatan asusila karena warga Indonesia, termasuk Jakarta masih berpegang teguh pada adat ketimuran. Eits, tunggu dulu, jangan cepat mengambil kesimpulan bahwa tinggal bareng adalah hal yang buruk. Satu hal yang perlu diingat adalah sangat disarankan untuk memilih teman yang  ber-gender sama untuk tinggal bersama, hal ini dimaksudkan untuk menghormati adat ketimuran kita.

Berbagi kamar?Why not?

Berikut ini alasannya:

Berbagi untuk Berhemat

Tidak dapat dipungkiri, alasan utama untuk berbagi kamar dan mencari teman sekamar adalah harga sewa kamar yang relatif mahal di Jakarta, bila dibandingkan dengan daerah lain. Bagaimana tidak? Jakarta adalah ibukota Indonesia, sekaligus kota terpadat dimana terdapat banyak perkantoran, mall dan kawasan Industri. Jakarta adalah kota besar dimana kebanyakan orang sudah terbiasa utuk tinggal di apartemen atau flat. Tinggal bersama seperti Joey dan Chandler atau Monica dan Rachel adalah yang kita sebut sebagi “flat-sharing”, dimana ini dapat menjadi salah satu alternatif untuk kamu yang ingin tinggal di apartemen atau flat dengan lebih hemat. Mengapa? Karena, kamu tidak perlu membayar sendiri semua uang sewa dan biaya lainnya seperti listrik, air dan keamanan. Berbagi kamar memungkinkan kamu untuk mendapatkan hunian mewah sekelas apartemen dengan harga terjangkau.

Tagihan Murah, Pekerjaan Lebih sedikit

Berbagi kamar memiliki dua keuntungan yaitu, tagihan yang lebih murah dan pekerjaan rumah yang lebih sedikit. Bayangkan, dulu kamu harus bayar sendiri biaya listrik dan biaya lainnya, namun setelah mendapatkan teman berbagi atau “flatmate” kamu tidak harus mengeluarkan uang sendiri, dan biaya hidupmu secara otomatis menjadi lebih hemat. Keuntungan lainnya adalah, kamu tidak perlu mengerjakan pekerjaan rumah seorang diri karena teman yang menyewa denganmu juga akan ambil alih dalam hal mengurus rumah seperti mencuci piring, menyapu dan memasak.

Teman Berbicara

Keuntungan lainnya dari berbagi kamar adalah kamu akan memiliki teman dan tidak akan merasa sendiri. Ini sangat penting, terlebih untuk wanita, karena hidup di apartemen atau flat mewah tidak menjamin bila kamu akan terbebas dari tindak kriminalitas. Setidaknya, dengan memiliki teman berbagi kamar, kamu tidak perlu lagi merasa takut. Terlebih lagi, kamu akan memiliki teman untuk berbicara dan berbagi pikiran disaat kamu membutuhkan.

Memilih Teman Sekamar yang Tepat untuk Berbagi

Setelah mempertimbangkan ketiga keuntungan diatas, sekarang saatnya untuk berbicara tentang memilih teman sekamar yang tepat. Ketiga hal diatas memang tidak mudah untuk dipertimbangkan, sebenarnya memilih teman sekamar sama sekali tidak sulit. Hal tersulit adalah mempercayai orang asing untuk tinggal bersama tanpa mengetahui latar belakang dan kehidupan orang tersebut. Di Amerika dan Eropa biasanya orang akan mencari teman sekamar mereka melalui situs-situs pencarian housemate, di dalam situs tersebut akan terdapat sekumpulan orang yang mencari kamar atau ingin berbagi kamar. Sayangnya, di Indonesia terutama di Jakarta hal seperti ini belum lumrah, kebanyakan dari penduduk Jakarta akan memilih orang yang telah mereka kenal terlebih dahulu, daripada orang asing yang mereka kenal di website. Jika kamu tidak menemukan seseorang yang telah kamu kenal untuk berbagi kamar denganmu.

Informal interview

Setelah kamu memasang iklan di media sosialmu, lihatlah apakah ada orang yang menguhubungimu dan tertarik untuk berbagi kamar denganmu. Lakukanlah informal interview dan tanyalah hal penting sepertin pekerjaan, dimana mereka tinggal, sejarah kriminal dan apakah mereka setuju untuk membayar tagihan. Di level ini kamu juga dapat menjelaskan kepadanya kesepakatan untuk tinggal bersama seperti waktu pembayaran setiap bulan, kepemilikan hewan peliharaan dan lain sebagainya. Kamu harus bersikap terbuka dan lihat apabila orang tersebut menyetujui persyaratanmu.

Pertimbangkanlah beberapa Orang untuk Kamar yang Lebih Besar

Hal lain yang perlu kamu pertimbangkan adalah seberapa luas kamar yang kamu punya. Bila kamu memiliki kamar atau flat yang cukup luas, pertimbangkanlah untuk memiliki beberapa orang sekaligus dalam satu rumah untuk tinggal bareng. Flat yang luas, nyaman, serta berada di lingkungan yang strategis akan sangat memudahkanmu mendapatkan teman berbagi kamar dengan cepat dan mudah.

Cara Baru untuk Tinggal di Jakarta

Bila kita dapat menyadari bahwa sebagian besar apartemen atau flat di Jakarta dibangun dekat dengan pusat perbelanjaan dan perkantoran. Hal tersebut adalah strategi dari para developer untuk mendapatkan pekerja kantoran tinggal di apartemen mereke, padahal tidak semua orang dapat menyewa apartemen karena harganya yang cukup mahal. Alasan lainnya, sebagian besar orang akan memilih untuk membeli rumah, daripada apartemen.

Namun, untuk membeli property baik itu rumah tinggal atau apartemen, bukanlah perkara mudah di Jakarta. Harga jual properti di Jakarta menjadi sangat mahal beberapa tahun terakhir dan hanya sebagian kecil orang yang akan memilih untuk membeli property di Jakarta. Terlebih lagi, Jakarta adalah kota besar yang memiliki banayak masalah seperti banjir dan kemacetan. Dalam hal ini “flat-sharing” akan menjadi solusi bagi pekerja kantoran yang ingin mendapatkan hunian terjangkau di daerah yang strategis dengan tinggal bersama beberapa orang untuk berbagi kamar.

Tren Baru di Jakarta

Tinggal bareng beberapa orang dalam satu apartemen terlebih lagi dengan yang berbeda gender memang bukan hal yang lumrah terjadi di Jakarta, karena beberapa orang akan lebih memilih untuk tinggal sendiri. Namun, tentu saja kamu dapat mempertimbangkan teman sekamar yang ber-gender sama denganmu dan tetap menghormati adat ketimuran kita.Kesimpulannya, “flat-sharing” atau berbagi kamar dapat menjadi sebuah solusi bagi kamu yang ingin tinggal di Jakarta. Memang, ada banyak sekali hal yang harus dipertimbangkan dalam memilih teman sekamar yang tepat, tetepi bila hal ini dapat membuatmu memiliki biaya hidup yang lebih murah dan tempat tinggal yang dekat dengan kantormu, tidak ada salahnya kan untuk dicoba.


SIGN INTO YOUR ACCOUNT CREATE NEW ACCOUNT

 
×
CREATE ACCOUNT ALREADY HAVE AN ACCOUNT?
 
×
FORGOT YOUR DETAILS?
×

Go up